Mengenal Murai Batu Lampung

Mengenal Murai Batu Lampung

Mengenal Murai Batu Lampung | Brekicau -Dari demikian banyak burung kicauan di Indonesia, Murai Batu memiliki penilaian istimewa di kelompok beberapa penghobi burung kicauan. Dapat disebut Murai Batu juga sebagai ikon burung kicauannya Indonesia. Meskipun kita juga tau sebagian type Murai Batu ada di negara lain, seperti Murai Batu Thailand, Malaysia, Filipina (Murai Luzon, Murai Cebu). 

Bicara tentang Murai Batu, tidak lepas dari macamnya yang bermacam. Karenanya, pada artikel ini penulis bakal membatasi kajian cuma tentang Murai Batu Lampung. Karena, amat sedikit artikel yang mengulas perihal Murai Batu type ini, bila kita banding dengan Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh. Hingga, kefamiliaran Murai Batu Lampung tidak demikian di kenal. 

Keberadaan 

Murai Batu Lampung masih tetap masuk ke spesies Copsychus Malabaricus, spesies yang penyebaran paling menguasai di lokasi Sumatera. Tetapi, walau masih tetap dapat disebutkan dalam ruangan lingkup lokasi yang sama. Murai Batu Lampung mempunyai ketidaksamaan dengan ke-2 type Murai Batu saudaranya, Murai Batu Medan serta Nias. Ketidaksamaan paling mencolok yakni pada ekornya yang lebih pendek. 

Populasi yang masih tetap kerap didapati Murai Batu type ini tepatnya di lokasi Krakatau, Lampung. Cuma saja mungkin saja sekarang ini kita bakal kesusahan untuk menemukannya, sekalipun kita ada di habibat aslinya yakni daerah Lampung. Mengingat, perburuan serta pengalihfungsian Rimba masih tetap berlanjut. 

Ciri-ciri 

Mungkin saja dari sisi fisik, objek yang paling gampang untuk membedakan Murai Batu Lampung yakni pada ekornya yang pendek (10-12 cm) ada bulu berwarna putih dibawah ekor bawah serta badannya yang memiliki ukuran kecil. Lantaran jika lihat dari segi lain, nyaris sama juga dengan Murai Batu biasanya. Alternatif setelah itu untuk tahu type Murai Batu Lampung yaitu dengan memerhatikan kelakuannya saat bertarung. Rutinitas yang kerap dikerjakannya yakni dengan menaik turunkan kepalanya, seakan mematuk. Tidak sama dengan Murai Batu Borneo yang saat bertarung sukai memekarkan bulu dadanya. 

Keunggulan serta Kekurangan 

Dari sisi kekuatan, Murai Batu Lampung juga mempunyai kicauan yg tidak kalah hebat. Sama dengan Murai Batu biasanya yakni dapat menirukan beragam nada burung kicauan yang lain, tinggal kekuatan yang memiliki saja dalam memproses variasi nada kicauannya. Namun sedikit kekurangan dari Murai Batu Lampung. yang banyak tidak disenangi penghobi yaitu Mental bertarungnya yang lemah. Jika bersua lawan yg tidak sepadan, jadi Murai Batu ini segera down kemampuannya, dengan kata lain tak ada lagi perlawanan. Karena, untuk mengikutkan sertakan di arena lomba, sebaiknya Murai Batu Lampung yang betul-betul telah masak mentalnya. 

Sedang lihat bentuk fisik dengan ekor yang lebih pendek, ada dua pandangan. Penghobi pertama memiliki pendapat, ukuran ekor yang sedikit lebih pendek adalah keuntungan dari Murai Batu Lampung, bakal mensupport kelancaran nada kicauan serta bergerak lincah lantaran Murai Batu itu tidak memerlukan stamina yang besar dalam menyokong badannya. Beberapa lagi memiliki pendapat, ekor yang pendek adalah kekurangan Murai Batu Lampung karena bakal tampak tidak menawan atau indah dilihat. 

Namun, jika dipandang dari sisi harga jual di market. Harga Murai Batu Lampung diatas harga Murai Batu Kalimantan. Itu berarti, Murai Batu Lampung masih tetap mempunyai nilai jual yang tinggi di market., kisaran 1, 5- 2 jutaan. 

Terima kasih sudah berkomentar