Pilihan EF Pakan Harian Burung Cendet


Pilihan EF Pakan Harian Burung Cendet

Seperti di ketahui, cendet atau pentet atau toet termasuk juga burung pemakan serangga (insektivora). Jadi, seperti burung pemakan serangga yang lain, perawatan cendet tak dapat dipisahkan dari jangkrik, ulat hongkong/ulat kandang, belalang, kroto dsb.

Nah, di sinilah kita mesti dapat memberi jumlah yang pas supaya cendet dalam keadaan yang stabil serta terus rajin berbunyi.

1. Jangkrik

Jangkrik adalah salah satu type pakan yang paling umum untuk burung pemakan serangga seperti cendet. Kandungan protein yang tinggi pada jangkrik bikin kita mesti dapat memastikan berapakah jumlah yang cocok sehari-harinya.

Bila jumlah jangkrik terlampau banyak, burung gampang alami over birahi atau cepat menumbuhkan karakter manja pada burung pentet. Demikian sebaliknya, bila kekurangan protein, burung condong meningkatkan bulu-bulunya (mbalon) serta tidak sering berbunyi.

Karenanya, pemberian jangkrik yang pas bakal bikin cendet dapat tampak lebih optimal. Dalam perawatan harian, jumlah jangkrik yang dapat diberikan minimum 3 ekor saat pagi hari serta 2 – 3 ekor pada sore hari.

Ingat, jumlah ini tak berbentuk baku, atau mutlak mesti seperti itu. Bila jumlah itu tidak bikin burung rajin bunyi, Anda dapat tingkatkan 1-2 ekor lagi. Demikian sebaliknya, walau telah di beri dengan jumlah minimum, namun burung kerap alami over birahi, Anda dapat turunkan 1 ekor saat pagi serta/atau sore hari.
 
2. Kroto
Lantaran cendet termasuk juga burung pemburu yang aktif, di alam liar mereka tidak sering mencari pakan berbentuk telur semut rangrang dengan kata lain kroto, ataupun telur dari type semut yang lain.

Namun dalam pemeliharaan dikirar, banyak cendet yang di beri kroto untuk tingkatkan variasi pakan.

Namun pemberian kroto untuk cendet ini cuma dipakai juga sebagai pemerkaya konsumsi protein serta nutrisi yang lain. Jadi burung untuk bikin burung lebih rajin bunyi, seperti pada ciblek atau murai batu. Jumlah yang didapatkan cukup 1 sendok teh /hari.

Pilihan EF Pakan Harian Burung Cendet

3. Ulat kandang
Sebagian pengagum burung cendet lebih suka pada memberi ulat kandang (UK) dari pada ulat hongkong (UH). Tetapi seluruhnya itu pasti kembali pada ciri-ciri dari selera burung.

Langkah tahu selera yaitu saat disiapkan ulat hongkong serta ulat kandang, burung pilih salah satu yang disenanginya. Atau saat di beri UH tidak ingin, lantas ditukar dengan UK ingin, itu mengisyaratkan cendet lebih suka pada ulat kandang.

Ada cendet yang mempunyai performa maksimal sesudah memperoleh UK dengan cara teratur sehari-harinya, namun ada pula yang cuma jalan sesudah terima UH dalam jumlah cukup. Nah, pintar-pintarlah mengutak-atik permasalahan ini.

Bila burung memanglah suka pada ulat kandang, Anda dapat memberikannya sejumlah satu cepuk (wadah makanan) ukuran kecil sepanjang 2-3 kali satu minggu, atau sejumlah 1 sendok teh bila diberikan sehari-hari.

4. Ulat hongkong

Walau cendet di alam liar tak kerap mengonsumsi ulat, ulat hongkong dapat diberikan pada cendet dirumah. Namun pemberian UH ini cuma didasarkan pada pemenuhan keperluan nutrisi saja.

Beberapa cendetmania menyampaikan, ulat hongkong bisa diberikan sehari-hari, lantaran cendet termasuk juga “burung panas”, hingga pas dengan UH yang juga berbentuk panas. Tetapi ada pula cendet yang lebih stabil bila di beri UH dalam jumlah minim, umpamanya sekian kali dalam satu minggu.

Dalam soal ini, Anda dapat coba pemberian ulat hongkong sejumlah 5 ekor saat pagi hari serta 3 ekor pada sore harinya. Tetapi, untuk yang belum pernah coba, butuh dicek stabilitas birahinya bila terima konsumsi UH. Bila alami over birahi, jumlah UH dapat di turunkan dengan cara bertahap, atau dapat pula ditukar ulat kandang.


5. Pakan alternatif lainnya

Yang termasuk juga pakan alternatif diantaranya ikan kecil, anak katak (kecebong), kadal, orong-orong, serta serangga lain yang disebut pakan alami mereka.

Pakan alternatif ini dapat diberikan sehari-hari, atau sekian kali dalam satu minggu. Maksudnya adalah untuk meyakinkan keadaan supaya burung terus sehat, aktif serta tercukupi semua keperluan nutrisinya.

Dengan mengaplikasikan beberapa hal diatas dalam perawatan harian burung cendet, tak mungkin saja burung yang semula cuma diam saja bakal jadi lebih rajin berkicau sesudah memperoleh perawatan yang pas.

Tetapi, butuh diingat, perawatan burung tidak cuma dari sisi pemberian pakan serta minumnya saja, lantaran ada perawatan diluar itu, seperti mandi, jemur, serta melindungi kebersihannya. Silahkan simak rekomendasi lengkap perihal perawatan burung cendet di Halaman Burung Cendet.

Terima kasih sudah berkomentar