Mengatasi Mbagong pada Cucak Ijo

Mengatasi Mbagong pada Cucak Ijo

Mengatasi Mbagong pada Cucak Ijo | Brekicau -Burung cucak hijau mempunyai karakter serta ciri-ciri yang labil. Perilakunya gampang beralih bila kemapanan serta kenyamanannya terganggu. Bila di perhatikan, pergantian karakter atau karakternya serupa yang dihadapi kacer saat dalam keadaan mbagong atau mbalon. Apa yang perlu dikerjakan saat burung cucak hijau juga mbalon/mbagong? Di bawah ini sebagian panduan yang dapat menolong Anda.

Seperti burung kacer, cucak hijau bakal tunjukkan pergantian sikap yang dapat tampak dari bulu-bulunya yang mengembang seperti mbalon saat dia alami sebagian pergantian keadaan. Umpamanya, alami over birahi, burung dalam keadaan sakit atau kurang fit (tak enak tubuh).

Sampai kini kita condong berasumsi bulu–bulu cucak hijau yang mengembang pasti disebabkan over birahi, tanpa ada lihat sebagian kemungkinan pemicu yang lain seperti sakit serta tak enak tubuh.

Bila cucak hijau tampak mbalon, dibarengi pergantian tingkah laku dengan kerap burung menambah bulu-bulu kepala atau ngentrok saat digoda dengan tangan, atau sifatnya jadi lebih galak, besar kemungkinan hal semacam itu berlangsung disebabkan over birahi.

Namun, kadang-kadang cucak hijau tampak meningkatkan bulu-bulunya, tetapi cuma diam saja saat didekati, dapat pula menjulurkan lidahnya, jadi besar kemungkinan burung tengah dalam keadaan tak fit dengan kata lain tak enak tubuh.

Setelah itu, jika burung cuma diam saja, mbalon sembari nyekukruk selalu, tanpa ada menjulurkan lidah, dapat di pastikan burung dalam situasi sakit, dengan beberapa kemungkinan type penyakitnya.

Mengatasi Mbagong pada Cucak Ijo

Biasanya, saat hadapi burung yang over birahi serta agak nakal, sebagian kicaumania memberi therapy mandi malam. Namun hal semacam ini susah diaplikasikan pada cucak hijau.

Di bawah ini sebagian therapy perlakuan over birahi pada burung cucak hijau :

  • Menaruh burung ditempat tenang lebih dahulu, jauhkan dari burung lain yang berwarna cerah/jelas seperti anis merah, kenari kuning, atau benda-benda berwarna cerah yang dapat bikin burung jadi tak tenang.
  • Anda dapat mengumbar burung dalam kandang umbaran, sembari memberi buah-buahan yang berbentuk menentramkan serta mendinginkan seperti pepaya atau belimbing. (Baca juga : Therapy umbar serta belimbing untuk cucak hijau yang over birahi).
  • Kurangi atau hentikan pemberian pakan serangga. Bila ingin di beri extra fooding (EF), baiknya ulat bumbung atau ulat bambu, cukup 1 ekor/hari sepanjang perawatan.
  • Untuk sesaat janganlah membawa atau melatih burung di arena latberan, terlebih lomba.
  • Untuk cucak hijau yang masih tetap muda, Anda dapat kurangi pemberian voern. Diluar itu, burung di beri buah-buahan seperti pepaya sehari-harinya.

Sesudah 1 minggu, serta burung mulai tunjukkan tingkah laku wajarnya, jadi perawatan dapat dikembalikan ke perawatan harian seperti umumnya.

Untuk cucak hijau mbalon disebabkan kurang fit, Anda butuh membiasakan selalu untuk memberi vitamin. Silahkan tentukan product yang telah Anda yakini mujarab.

Terima kasih sudah berkomentar