Mewaspadai Belalang sebagai Pakan Burung Ocehan



Mewaspadai Belalang sebagai Pakan Burung Ocehan | Brekicau - Belalang di kenal juga sebagai pakan tinggi protein yang baik untuk burung kicauan. Kandungan proteinnya yang lebih tinggi dari pada jangkrik bikin belalang cukup di kenal juga sebagai pakan penambahan untuk sebagian type burung peliharaan seperti branjangan serta murai batu. Tetapi saat sebelum diberikan pada burung, sebaiknya check dahulu badan belalang. Pasalnya, banyak belalang yang memiliki kandungan parasit cacing nematomorph yang bisa membahayakan kesehatan burung kicauan Anda bila hingga mengonsumsinya. 

Parasit yang seringkali menginfeksi badan belalang ini dimaksud nematomorph, atau lebih di kenal juga sebagai cacing bulu kuda atau cacing gordian. Parasit ini kadang-kadang mempunyai massa serta tampak seperti suatu simpul. 

Dengan cara umum, cacing bulu kuda ini bakal menginfeksi belalang, tetapi dapat pula menginfeksi serangga yang lain seperti jangkrik, kecoak, kumbang, atau belalang sembah. 

Hasil riset yang dikerjakan beberapa ilmuwan Prancis (2005) tunjukkan, cacing parasit ini mampu merekayasa inangnya. Larva cacing masuk ke badan belalang lewat air yang diminumnya. 

Saat telah ada di pada badan belalang, larva cacing bakal mengusai semua badan belalang, terkecuali dibagian kepala serta kakinya. Pada keadaan itu, belalang telah dalam situasi seperti zombie, dengan kata lain mayat hidup. 

Setelah itu larva tumbuh dewasa jadi cacing, yang bakal keluarkan protein dengan cara segera, lalu bereaksi pada saraf belakang dari belalang. Mengakibatkan belalang seperti “terhipnotis” untuk mencari air lantas menceburkan diri. 

Waktu ada di di air tersebut, cacing bakal keluar dari badannya. Panjang cacing ini bahkan juga dapat meraih 50 – 100 cm! Sesudah cacing keluar, si belalang bakal mati terbenam. 

Walau belum ada info tentang efek negatif dari burung yang konsumsi belalang atau serangga yang terinfeksi cacing parasit ini, alangkah sebaiknya bila kita lakukan pencegahan. 

Karena, bagaimanapun kita belum tahu apakah cacing itu bakal mati di pada badan burung, atau malah tumbuh berkembang jadi cacing dewasa dengan ukuran yang selalu jadi tambah. 

belalang bercacing
Menghindari Lebih Baik dari pada Mengobati 

Karenanya, saat kita bakal berikan pakan penambahan seperti jangkrik, belalang, atau serangga lain, baiknya yakinkan dahulu serangga-serangga itu bebas parasit ataupun bakteri. 

Bila Anda sangsi apakah belalang terinfeksi parasit, ada cara-cara yang dapat dikerjakan seperti di bawah ini : 
  • Saat sebelum diberikan pada burung, baiknya belalang dipotong sisi kepala serta sayapnya. Karena bila ada terinfeksi cacing parasit, jadi cacing bakal selekasnya keluar dari badannya. 
  • Saat sebelum diberikan pada burung, belalang di celupkan lebih dahulu ke air untuk sebagian waktu lamanya. Dengan demikian, bila belalang sudah terinfeksi cacing, jadi cacing juga bakal selekasnya keluar dari badan belalang. 

Demikian ulasan Mewaspadai Belalang sebagai Pakan Burung Ocehan, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkomentar