Mengenal Burung Painted Finch


Mengenal Burung Painted Finch

Walau pernah alami kelangkaan untuk satu tahun lebih lamanya, painted firetail (Emblema pictum) atau kerap juga dimaksud painted finch pada akhirnya jadi berbalik jadi spesies paling umum serta popular di beberapa negara. Burung finch asal Australia ini jadi burung paling di cari di semua lokasi Eropa serta belahan dunia yang lain.

Painted finch banyak diketemukan di Australia. Habitat yang paling umum yaitu daerah semi-gurun, padang rumput, daerah berbatu, serta padang rumput kering. Walau suka pada daerah kering serta berbatu, mereka kerap diketemukan di daerah dekat sumber air.

Mengenal Burung Painted Finch

Finch cantik ini paling banyak di cari serta cukup popular juga sebagai burung piaraan, walau belum banyak kicaumania di Indonesia yang memeliharanya. Terkecuali lantaran harga nya masih tetap tinggi (seputar Rp 3 juta/gunakan), belum banyak imprortir yang mendatangkannya.

Painted finch gampang dipelihara serta diternak. Bila saja ada breeder di Indonesia yang berhasil menangkarnya, pasti dapat jadi peluang bisnis sangatlah menarik.

Mengenal Burung Painted Finch

Burung jantan serta betina gampang dibedakan. Burung jantan memiliki warna merah yang lebih jelas di bagian muka, perut, serta pangkal ekornya. Adapun burung betina mempunyai badan dengan warna merah yang lebih kusam.

Painted finch adalah burung pemakan biji-bijian. Tetapi saat masuk saat musim kawin, mereka akan mengonsumsi serangga. Untuk perawatan harian, Anda dapat memberi sebagian type pakan yakni biji-bijian, telur rebus, buah-buahan, sayuran, serta serangga seperti ulat hongkong putih atau jangkrik kecil.

Penangkarannya juga tak terlampau menyusahkan lantaran berbentuk monogami serta gampang dijodohkan. Tetapi, umumnya beberapa penangkar bakal menjodohkannya mulai sejak muda atau saat sebelum mabung dewasa.
Mengenal Burung Painted Finch
penangkaran dalam koloni
Bila ingin menangkarkan, finch ini dapat diletakkan dalam kandang soliter atau dikumpulkan berbarengan type finch lain dalam kandang koloni.

Sarang bakal di bangun oleh burung jantan. Sesudah sarang telah siap, induk betina bakal bertelur sejumlah 3-5 butir yang berwarna putih. Telur-telur bakal dierami ke-2 induk dengan cara bertukaran.

Sesudah dierami sepanjang 14 -19 hari, telur bakal menetas. Waktu tersebut ke-2 induk bakal menjaga serta berikan makan anak-anaknya. Pada usia 21 hari, anak-anak burung bakal bertukar bulu jadi bulu remaja, dan dapat keluar sarangnya.

Walau sekian, anakan itu terus memperoleh pakan dari ke-2 induknya. Seputar 4 minggu selanjutnya, anakan painted finch betul-betul telah mandiri.

Terima kasih sudah berkomentar