Membuat Tepung Cabe untuk Anis Merah


Membuat Tepung Cabe untuk Anis Merah | Brekicau - Cabai merah adalah tanaman sayuran yang kaya vitamin C serta sangatlah berguna untuk badan. Walau merasa pedas serta panas pada indera pencecap manusia, burung tak rasakan hal itu. Seperti ditulis pada awal mulanya (teliti disini), burung tak mempunyai reseptor rasa hingga tak rasakan dampak panas serta pedas dari cabai.

Bahkan juga pemberian cabai merah pada burung kicauan dapat merangsangnya rajin bunyi, terlebih anis merah. Pemakaian cabai merah juga sebagai pakan burung sesungguhnya telah dikerjakan mulai sejak lama, dengan hasil yang bermacam.

Tetapi rata-rata mengaku ada pergantian pada burung piarannya sesudah di beri pakan yang memiliki kandungan cabai, umpamanya burung yang awal mulanya malas bunyi jadi lebih rajin berbunyi, atau burung yang awal mulanya kurang aktif jadi lebih aktif.

Bukanlah itu saja, sebagian pengagum anis merah yakini bila burung bakalan serta/atau burung yang macet bunyi bakal beralih jadi aktif serta gampang terangsang untuk bunyi sesudah di beri pakan yang memiliki kandungan cabai. Pasti pergantian itu tidak tersejadi saat itu juga, tetapi dengan cara bertahap sampai sebagian minggu.

Berdasar pada pembicaraan di beragam media sosial, pemberian tepung cabai juga bisa memberi dampak cukup riil untuk anis merah yang macet bunyi ataupun anis merah bakalan. Tepung cabai banyak di jual di pasar atau di warung.

Pemberian tepung cabai berbentuk sachet memanglah boleh-boleh saja, tetapi kita butuh memperhitungkan apakah bahan itu juga pas untuk dikonsumi burung. Umpamanya apakah tepung cabai itu bebas berbahan pengawet kimiawi?

Bila Anda sangsi, kenapa tak bikin sendiri tepung cabai untuk burung yang paling disayangi Anda? Di bawah ini langkah pembuatan tepung cabai juga sebagai pakan penambahan untuk burung anis merah :
  • Siapkan sebagian cabai : bisa cabai merah, cabai rawit, atau paprika, atau gabungan ketiganya.
  • Kupas cabai memakai pisau, lantas buang bijinya supaya cabai lebih cepat kering serta dapat dipakai.
  • Panggang cabai dalam oven dengan api tengah sepanjang 5 – 8 menit, atau hingga cabai jadi kering.
  • Cabai yang telah kering dimasukkan ke jus, lantas digiling sampai jadi tepung.
Bila hasil gilingan di rasa belum kering, Anda dapat mengeringkannya lagi lewat cara dijemur atau dipanggang dalam oven sepanjang kurang dari 5 menit. Kemudian, angkat serta dinginkan, lantas disimpan dalam toples serta siap dipakai setiap saat.

Langkah memakai tepung cabai untuk anis merah

Langkah memakai tepung cabai dapat mengikuti apa yang sudah dikerjakan beberapa pengagum anis merah yang tergabung dalam group Anis Merah Macet serta Trotol Nusantara. Mereka sukses bikin anis merah yang awal mulanya macet bunyi jadi ceriwis lagi. Dalam soal ini, tepung cabai digabung dengan voer burung.

Bila Anda memakai tepung cabai yang di jual di pasar atau warung berbentuk sachet, porsinya cukup separo sachet digabung 1 sendok voer burung. Bila memakai tepung cabai buatan sendiri, porsinya 1 sendok tepung cabai digabung dengan 1/2 sendok voer burung.

Saat pemberian yang pas yaitu saat burung tengah diembunkan. Tepung cabai baiknya janganlah diberikan jika matahari telah terbit cukup tinggi, atau janganlah melalui jam 07. 00. Sesudah jam tujuh pagi, pakan dapat ditukar dengan pakan umumnya.

Kerjakan hal semacam ini dengan cara teratur sepanjang sebagian minggu, atau hingga berlangsung pergantian penting pada anis merah yang macet bunyi. Umumnya kurun waktu sekian hari atau minggu (bergantung keadaan burung), pergantian itu telah tampak.

Sepanjang therapy ini digerakkan, yakinkan anis merah terus memperoleh perawatan harian seperti umumnya (mandi, jemur, serta EF). Diluar itu, burung juga mesti dalam keadaan sehat serta tak tengah mabung.

Terima kasih sudah berkomentar