Perawatan Cendet yang Mabung


Perawatan Cendet yang Mabung | Brekicau -Dengan meletakkannya dalam kandang umbaran, burung juga beroleh sedikit keleluasaan, serta itu sangatlah menolong da Seperti seluruhnya type burung yang lain, cendet juga bakal alami saat perubahan bulu/mabung (moulting). Ketika itu, bulu-bulu yang telah rusak serta kering bakal digantikan bulu-bulu baru. Saat masuk saat mabung, cendet bakal seringkali diam, bahkan juga dapat jadi sangatlah manja, hingga dibutuhkan perawatan mabung dengan cara pas supaya burung melalui sistem moulting dengan cara prima, tanpa ada merubah mencolok karakternya. Di bawah ini panduan perawatan burung cendet waktu mabung.

Saat tengah mabung, burung cendet bakal memakai beberapa besar dayanya untuk menjatuhkan bulu rusak serta menggantinya dengan bulu-bulu baru yang kuat serta berkilauan. Ketika inilah burung melakukan masa-masa yang penuh ketenangan, kemananan, serta kenyamanan.

Masalah yang berlangsung pada saat mabung dapat jadikan cendet alami keadaan yang umum dimaksud mabung stress. Mengakibatkan, burung dapat alami macet mabung atau mabung berkelanjutan. Bila telah demikian, kita sendiri yang bakal ribet.

Jika Anda menyimak beberapa burung juara yang pernah dimuat Om Kicau, sangat banyak misal dimana burung alami mabung sangatlah lama. Bahkan juga selepas mabung, performa alami penurunan jauh dibanding saat saat sebelum mabung.

Banyak yang memiliki burung juara dengan bangga menyampaikan, gaconya terus moncer walau bulu-bulu mulai rontok (tandanya mulai mabung). Namun sebagian bln. lalu, atau sampai mabung selanjutnya, prestasinya telah tak sehebat dahulu lagi.

Oleh karena itu, kita juga sebagai yang memiliki mesti dapat mengetahui sinyal tanda burung ingin mabung, serta selekasnya berikan perawatan mabung dengan cara pas. Apa pun argumennya, melombakan burung pada awal mabung (bulu mulai rontok) dan akhir mabung yang belum selesai (bulu masih tetap basah) tak disarankan untuk kebutuhan periode panjang.

Di bawah ini sebagian sinyal burung cendet mulai masuk saat mabung :
  • Burung yang awal mulanya rajin bunyi (gacor) jadi seringkali diam serta condong manja.
  • Bulu-bulunya mulai terlihat kusam, kering, serta gampang lepas.
  • Sebagian bulu-bulu halus dibagian dada, sayap, serta ekornya mulai berjatuhan.

Bila burung tunjukkan keadaan seperti itu, jadi telah waktunya untuk memberi perawatan mabung pada burung itu.

Tersebut dibawah ini sebagian bentuk perawatan burung cendet yang tengah alami saat mabung supaya sistem mabungnya jalan prima, serta karakternya sedikit beralih pascamabung kelak.

Ganti pakan utama

Banyak pengagum cendet yang memberi voer ayam broiler (BR1) juga sebagai pakan paling utama sepanjang mabung. Beberapa besar mencampurkan voer ayam itu dengan voer yang umum dikonsumsi burung dengan perbandingan 50 : 50. Hal semacam ini dikerjakan supaya bulu-bulunya segera ambrol sesudah konsumsi pakan itu.

Menaikkan extra fooding (EF)

Pakan penambahan atau extra fooding (EF) yang umum diberikan pada cendet baiknya ditingkatkan jumlah atau porsinya ketika mabung. Karena, pakan dengan kandungan protein hewani tinggi ini sangatlah diperlukan untuk penuhi keperluan gizi atau nutrisinya sepanjang masa mabung.

Misal pemberian EF untuk cendet umpamanya, jangkrik yang umumnya diberikan 3 ekor (pagi serta sore) waktu tak mabung, dapat ditambah jadi 6 ekor yang didapatkan pagi serta sore hari.

Begitupun kroto, yang dalam keadaan tak mabung cuma diberikan sekian kali satu minggu, dapat diberikan teratur tiap-tiap pagi sepanjang mabung, Ulat hongkong dapat diberikan sejumlah 5 – 10 ekor saat pagi serta sore hari.

Terkecuali EF yang umum diberikan pada cendet, banyak pengagum yang memberi cacing tanah manfaat keseimbangan gizi. Dalam soal ini, cacing tanah umumnya diberikan sejumlah 1 – 2 ekor kurun waktu 2 x satu minggu.

Memberi vitamin

Vitamin jadi satu diantara aspek utama untuk penuhi keperluan nutrisi burung yang dikira masih tetap kurang. Terlebih cendet termasuk juga burung yang sangatlah agresif serta aktif, hingga sangatlah memerlukan konsumsi vitamin penambahan yang sangat menolong sistem mabungnya.

Mandi serta jemur

Saat cendet tengah mejatuhkan bulu-bulunya, waktu itu burung janganlah dahulu dimandikan. Mandi cuma diberikan sesudah bulu-bulunya ambrol seluruhnya, yang diiring dengan timbulnya tunas bulu-bulu baru.

Penjemuran dikerjakan sekedarnya saja. Janganlah menjemur saat burung tengah menjatuhkan bulu-bulunya, atau tengah dalam keadaan ambrol/botak. Karena suhu panas serta hawa berdebu dapat menghalangi perkembangan bulu-bulu barunya. Karenanya, penjemuran baiknya dikerjakan sesudah nampak bulu-bulu baru, serta dikerjakan sesudah burung dimandikan.

Menentramkan burung

Cendet yaitu burung predator kecil yang sangatlah agresif. Jadi jauhi menggantang cendet yang tengah mabung di dekat burung sejenis atau burung-burung kecil yang lain. Dalam sebagian masalah, cendet bakal emosi serta segera cobalah menyerang burung di dekatnya. Hal semacam itu terang dapat mengganggu sistem mabungnya.

Baiknya, saat burung tengah mabung, pindahkan ke tempat tenang serta sendirian. Bila tak ada lagi tempat seperti itu, Anda dapat menaruh burung dalam keadaan full kerodong.

Waktunya pemasteran

Saat tengah mabung, cendet bakal seringkali diam serta tidak sering berkicau. Tersebut saat yang pas untuk memaster cendet dengan burung masteraannya atau lewat suara-suara masteran yang Anda punyai.

Walau cendet di kenal memilki kepandaian mengikuti beragam jenis nada, nada yang diperdengarkan kepadanya baiknya sesuai sama ciri-ciri nada cendet. Ingat, cendet sangatlah aktif serta agresif, hingga nada masteran yang kasar serta tajam bakal memberi hasil yang cukup baik, terlebih saat burung di desain juga sebagai burung lonna, lantaran nada kicauannya mereka jadi lebih nyaring. am kembalikan mentalnya yang ngedrop.

Terima kasih sudah berkomentar