Mengembalikan Mental Kacer yang Ngedrop


Waktu ngedrop, perawatan harian sesungguhnya terus sama dengan dalam keadaan normal. Dalam soal ini, burung di beri 5 ekor jangkrik saat pagi hari, serta 5 ekor lagi pada sore hari. 

Kroto diberikan seperlunya, serta mesti sesuai dengan keadaan burung. Bila keadaan burung agak lemas, kroto harus diberikan. Namun bila burung telah terlampau gacor, tak perlu diberikan kroto.

Penjemuran dikerjakan hingga jam 10. 00. Jadwal mandi dikerjakan sore hari. Untuk kembalikan mentalnya yang ngedrop, sekalian menjaganya supaya tak ngedrop kembali, Burung kacer keseharian dimasukkan ke kandang umbaran. Jadi kesibukan makan, minum, serta mandi dikerjakan di kandang umbaran. Mendekati maghrib, baru dipindah ke sangkar harian.

Kandang umbaran memiliki ukuran panjang 1,5 mtr., lebar 1,5 mtr., serta tinggi 3 mtr.. Lantai/basic kandang di beri pasir serta butiran bata merah.

Bila habis lomba didalam kota, jadi burung masuk kandang umbaran mulai sejak Senin hingga Sabtu. Namun bila habis lomba diluar kota, terlebih hingga Jawa, umumnya kacer dimasukkan dalam kandang umbaran mulai Selasa.

Dengan meletakkannya dalam kandang umbaran, burung juga beroleh sedikit keleluasaan, serta itu sangatlah menolong dalam kembalikan mentalnya yang ngedrop.

Terima kasih sudah berkomentar