Cara Budidaya Lovebird Kualitas Lomba

Cara Budidaya Lovebird Kualitas Lomba

Banyak para penyuka burung ocehan khususnya lovebird yang kadang kebingungan ketika hendak mencoba membudidayakan momongannya, berikut ada panduan breeding lovebird untuk kualitas lomba. Di bawah ini sebagian langkah yang dapat di aplikasikan :

Penentuan/seleksi induk 

Penentuan induk adalah hal mutlak, lantaran berkenaan dengan aspek genetik. Ke-2 calon induk (jantan serta betina) diupayakan mempunyai materi yang bagus, baik masalah durasi (ngekek panjang), semangat dalam berlomba (fighter), serta stylenya.

Memanglah tidak gampang untuk mencari indukan dengan materi bagus serta ingin dijodohkan. Namun bila telah punya kebiasaan, peternak pasti dapat beroleh pengalaman hingga dapat menjodohkan lovebird jantan serta betina yang keduanya sama mempunyai materi bagus.

Sistem penjodohan
Sistem penjodohan lovebird dapat dilakukan tanpa ada memakai kandang koloni, tetapi lewat cara tempelkan sangkar calon induk jantan serta betina. Tehnik seperti ini memanglah lebih susah dari pada memakai kandang koloni.
Cara Budidaya Lovebird Kualitas Lomba

Dalam kandang koloni, lovebird bebas mencari calon pasangan sesuai sama seleranya. Namun kekurangan cara ini yaitu tidak bisa menjodohkan burung sesuai sama selera penangkar, yang pada awal mulanya telah lakukan seleksi berdasar pada persyaratan spesifik, baik pada burung jantan serta betina.

Sistem penjodohan dengan tempelkan sangkar ke-2 calon induk mempunyai keunggulan sendiri. Bila penjodohan sukses, jadi kwalitas anakan dapat diperkirakan sesuai sama kwalitas induk jantan ataupun induk betina.

Penjodohan dengan tempelkan sangkar juga sangatlah baik diaplikasikan untuk cetak lovebird warna, lantaran kita dapat memperkirakan warna anakan berdasar pada induk jantan serta betina yang telah terseleksi pada awal mulanya.


Untuk mempermudah sistem penjodohan, jadi sepanjang masa perjumpaan ke-2 calon induk di beri kuaci/biji bunga matahari serta kangkung dalam jumlah yang cukup.Tujuannya untuk mendongkrak birahi ke-2 calon induk yang akan dijodohkan.

Sesudah tampak birahinya bertambah, ke-2 burung bakal berdekatan selalu, termasuk juga waktu istirahat saat malam hari. Keduanya akan tampak sama-sama meloloh. Kalau telah demikian, ke-2 burung selekasnya kita masukkan ke kandang pengantin. 

Saat pengeraman sampai anakan keluar gelodok
Saat bertelur, mengerami telur, sampai menjaga anakan adalah masa-masa krusial. Pasalnya, banyak masalah dimana induk buang telur, induk makan telur, atau induk meninggalkan anaknya yang barusan menetas. Bahkan juga, banyak induk betina yang menghajar induk jantan hingga mati.

Kunci untuk hindari beberapa hal seperti itu yaitu bagaimanakah bikin induk jantan serta betina terasa nyaman didalam kandang ternak. Udara didalam kandang diupayakan tak terlampau panas serta pengap, dijauhkan dari situasi berisik, dsb.

Diluar itu, Keperluan pakan untuk indukan mesti terpenuhi setiap waktu, jangan sempat kita telat memberikannya pakan. Tidak cuma jumlah, pakan juga mesti berkwalitas dengan kata lain penuhi kecukupan gizi/nutrisi, terlebih saat induk tengah bawa anak.
 
Anda dapat memberikan pakan kombinasi yang tidak butuh rumit. Ambillah yang simpel-simpel saja seperti millet putih, millet merah, gabah beras merah, serta taburkan sedikit garam seperlunya. Janganlah lupa berikanlah jagung muda.

Cara Budidaya Lovebird Kualitas Lomba

Dengan cara ini, induk dapat melakukan sistem reproduksinya dengan lancar, terlebih waktu mengerami telur, menjaga piyik lovebird yang baru menetas, sampai anakan dapat makan sendiri, dan meninggalkan sarang/gelodok.

Perawatan anakan serta pemasteran
Sesudah mandiri serta keluar dari gelodoknya, Anda dapat memanen serta memindahkannya ke kandang ombyokan. Di sinilah sistem seleksi dikerjakan, dengan memerhatikan aktivitasnya, kerajinan bunyi, serta durasinya.
Bila tampak mungkin, anakan lovebird dipilih selekasnya di ambil serta dimasukkan ke kandang soliter. Jadi, dalam satu kandang cuma diisi seekor lovebird prospek. Lovebird prospek inilah yang bakal melakukan perawatan kelanjutan, termasuk juga pemasteran.

Pemasteran serta perawatan kelanjutan sangatlah vital. Lovebird yang dengan cara genetis bagus jadi kurang optimal jika pemasteran serta perawatannya kurang baik atau tak pas.

Terima kasih sudah berkomentar